Tips Jualan Online di Facebook Agar Produk Laku Keras

No Comments

Facebook merupakan social media yang cukup besar jumlah penggunanya saat ini. Salah satu Negara pengguna terbesar facebook adalah Indonesia. Melihat potensi pengguna yang semakin hari kian meningkat, tidak sedikit orang yang akhirnya memanfaatkan Facebook sebagai media untuk berbisnis. Lalu, bagaimana tips jualan online di facebook agar bisa sukses meningkatkan penjualan produk anda? Sabar, sebentar lagi kami akan share tips nya untuk anda. Hehe..

Tips Jualan Online di Facebook Agar Produk Laku Keras

 

Sarana bisnis di Facebook sebenarnya sudah disediakan oleh pihak FB sendiri. Facebook telah menyediakan Fanpage atau Halaman khusus yang memang diperuntukkan untuk Bisnis. Kamingnya, membangun audiens melalui Fanpage tidak semudah dan semurah yang kita bayangkan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Online Produk Anda

Fenomena umum yang sering dilakukan orang untuk jualan di facebook adalah Membuat Fanspage Toko Online, lalu Menginvite seluruh temannya untuk Ngelike Fanspage tsb, Dan hasilnya cuma berapa orang aja yang Like… Apalagi kalo teman FB cuma ratusan orangdan gak tertarget ^_^ . Gawatnya lagi gak ada yang Like, selain ownernya sendiri… hehe. Sakitnya tuh di sini (tunjuk dompet).

Ada cara tercepat yang bisa anda lakukan, yaitu menggunakan FB Ads. Namun, menggunakan FB Ads tidak semudah memasang Iklan di Koran, anda harus mengusaiteknisnya..Jika tidak maka Anda akan membuang-buang biaya yang tidak sedikit.

So, tips jualan online di facebook yang bisa kita lakukan saat ini adalah menggunakan Akun Facebook personal. Alasan kami sederhana,

  • Orang lebih mudah diminta untuk CONFIRM pertemanan, karena notifikasinya tersendiri, tidak bercampur dengan notifikasi lain,
  • Dengan banyaknya teman Facebook anda yang Tertarged, maka Postingan Jualan anda akan berpotensi dilihat oleh Orang Yang Tepat.
  • Membangun temanfacebook yang Tertarged bisa dilakukan secara GRATIS
  • Tidak Rumit dan Bertele-tele …. Bisa dilakukan oleh Newbie sekalipun, Syaratnya Cuma BISA FACEBOOK-an dan semangat mencoba.

Namun Berjualan di Facebook gak asal jualan juga ya… Ada Seninya. Nah, tips jualan online kali ini pendekatannya lebih kepada strategi facebook marketing dengan menggunakan akun Personal.

Begini Tips Jualan Online di Facebook

Berikut ini langkah-langkah praktis yang harus anda tentukan lalu kemudian lakukan agar jualan online anda di Facebook laris manis:

Tentukan Target Market Produk Anda

Tips jualan online yang paling pertama dan utama adalah menentukan target market kita. TARGET MARKET adalah Sekelompok orang yang memiliki ciri-ciri tertentu yang Kemungkinan besar menurut Perpepsi kita berpotensi untuk membeli produk/jasa yang anda tawarkan..

Promosi kepada Calon Konsumen yang bukan termasuk Target Market produk/jasa yang kita tawarkan sering kali Menghabiskan waktu, semangat dan Yang pastinya UANG. Lalu bagaimana cara menentukan target market produk?

Berikut ini beberapa Cara menentukan Target Market Produk/Jasa kita :

Kenali Siapa Customer Anda

Siapa customer Anda sekarang dan mengapa mereka membeli dari Anda? Anda bisa mencari kesamaan karakter dan kesukaan dari customer Anda. Dengan mengetahui siapa dan seperti apa karakter dari customer Anda maka Anda bisa mulai menyasar orang-orang dengan karakter dan kesukaan yang sama seperti customer Anda saat ini untuk menawarkan produk atauservice yang Anda jual. Ini adalah pondasi daripada membuat bisnis sukses.

Kenali Customer Pesaing Anda

Pesaing yang kami maksud disini adalah Orang/perusahaan yang menjual produk yang sejenis dengan kita. Cara paling mudah jika anda menggunakan Facebook adalah dengan mencari Fanspage Pesaing, kemudian anda buka beberapa Profil Facebook Customer yang komen di Fanspage tsb.. Catat ciri-ciri mereka! Misal : Umur rata2 diatas 20 tahun, ibu rumah tangga, dll .. Ini bisa menjadi referensi bagi anda untuk menentukan Target Market produk yang sejenis dengan yang dijual oleh pesaing di fanspage tersebut.

Siapa Yang Butuh Produk/Jasa Anda

Langkah ketiga ini anda harus menggunakan feeling atau perasaan. Coba anda rasakan, Siapa yang butuh dengan Produk yang anda tawarkan tsb! Beberapa hal yang perlu anda tentukan adalah:

  • Umur
  • Lokasi
  • Gender
  • Pekerjaan
  • Status hubungan
  • Agama
  • Interest (kesukaan)
  • Tingkat pendidikan
  • Lifestyle (misal: smartphone apa yg mereka gunakan)

Ada istilah yang cukup umum yang mungkin pernah anda baca yaitu “Syarat agar anda Berhasil dalam penjualan adalah Menawarkan dengan cara terbaik dan Menawarkan pada orang Yang Tepat”. Jika ini yang anda terapkan, maka Insya Allah penjualan anda melalui facebook dapat meningkat.

Buat Akun Facebook Personal Anda

Setelah anda mengetahui siapa target market anda, maka langkah kedua tips jualan online selanjutnya adalah silahkan buat akun facebook yang ingin dipakai untuk berjualan. Boleh menggunakan nama jualan bisa juga nama pribadi. Kalau kami pribadi suka menggunakan keduanya. Ada akun jualan menggunakan nama pribadi da nada menggunakan nama jualan kami. Cara membuat akun facebook gak usah kami jelasin di sini, kami yakin anda sudah tahu lah yaa.. hehe

Temukan Target Buyer Anda

Setelah akun anda jadi, langkah selanjutnya adalah temukan target buyer anda. Sudah tahu kan siapa target marketnya tadi? Nah, sekarang anda bisa langsung mencari mereka. Untuk menemukan mereka, anda bisa menggunakan fasilitas pencarian facebook. Namun, agar memudahkan anda menggunakan fitur ini, pastikan pengaturan bahasa akun anda menggunakan bahasa inggris (English US).

Jika sudah, ayo coba test dulu apakah sudah bekerja dengan baik. Silahkan lakukan seperti gambar di bawah ini. Bisa ganti kotanya

Tips Jualan Online di Facebook Agar Produk Laku Keras 2
Setelah itu, pada hasil pencarian anda klik tab people, lihat gambar di bawah

Tips Jualan Online di Facebook Agar Produk Laku Keras 3

 

Sampai disini anda telah Berhasil. Namun perlu anda catat bahwa Rahasia pencarian ini adalah pada Kata Kunci. Kata kunci inilah yang akan membantu kita menemukan Orang yang Tertarget. Misalnya,

  • Untuk Mencari Orang yang Berasal dari Kota => People who are from Bandung
  • Untuk Mencari Orang yang Memiliki Status hubungan Tertentu => People who are married
  • Untuk Mencari Orang berdasarkan Posisi Kerja => People who are Consultants
  • Untuk Mencari Orang yang beragama Islam => People who are Muslim
  • Untuk Mencari Orang yang Menggunakan Android: People who are not my friends and use apps named “Facebook for Android”

Selain kata kunci seperti di atas, anda juga Bisa menggunakan kombinasi kata kunci, misalnya:

  • Wanita tinggal di Jakarta umur antara 20 – 30 tahun => Women who live in Jakarta and older than 20 and younger than 30
  • Orang yang menyukai Sepakbola, tinggal di Palembang, Kuliah di Universitas Sriwijaya dan
    Umur diatas 20 tahun => People who are older than 20 and like Soccer and live in Palembang
    and go to Sriwijaya University
  • Wanita belum berteman dengan kita. Menyukai Kecantikan, sudah menikah, umur diatas
    24 tahun => Married women who are not my friends and are older than 24
    and like pages named “Sehat Dan Cantik Alami”

Anda bisa melakukan variasi kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan market anda.

Nah setelah anda, temukan maka selanjutnya adalah Add mereka jadi teman satu per satu.

Bangun Interaksi dan Komunikasi

Tips jualan online selanjutnya adalah bangunlah interaksi yang baik dengan teman facebook anda. Tujuannya untuk membangun kedekatan dan keakraban, jika sudah terjadi keakraban maka mudah tercipta yang namanya Trust (kepercayaan).

Ada banyak cara membangun kedekatan di facebook, diantaranya Mengomentari status, ngelike status mereka. Tapi Ingat, Tujuan komentar sekedar untuk membangun kedekatan Gak ada unsur jualan, Dan komentar anda juga harus sesuai tema yang lagi dibicarakan. Jangan ragu untuk menggunakan Emoticon.

Mulailah Berjualan di Facebook

Tips jualan online yang terakhir adalah silahkan mulailah berjualan. Mulailah mempromosikan produk atau jasa anda. Namun ingat, jangan berpromosi secara berelebihan. Saran kami, dalam sehari, buatlah status Jualan 2x saja, dan status biasa yang sifatnya personal 3x.

Pemilihan waktu membuat status, anda bisa pilih waktu yang ramai teman anda online. Umumnya kebiasaan orang online, saat bangun pagi, jam makan siang, jam pulang kantor, jam makan malam, dan jam menjelang tidur. Silahkan manfaatkan primetime tersebut untuk membuat postingan.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM

Oke, kami rasa cukup itu saja ya tips jualan online di Facebook yang bisa kami share kali ini. Cukup panjang ternyata. Yang paling penting adalah semoga sharing ini bermanfaat untuk anda dan bisnis anda.

Salam

 

Hi, Thanks sudah berkunjung di Situs kami. Jangan lupa meninggalkan komentar anda dan jika tulisan kami bermanfaat Anda bisa bagikan Artikel ini ke Akun Social Anda.

About us and this blog

Galeri Digital merupakan Perusahaan Digital Marketing Agency No. 2 di Indonesia yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Tantangan bagi bisnis kami adalah Bagaimana menjadikan Bisnis Anda dapat Bertumbuh, Mampu bersaing dan Maju di era Digital seperti saat ini.

Project Kami

wmu beauty

Web WMU Beauty

WMU Beauty adalah salah satu Perusahaan Kosmetik yang Berdomisili di Bogor, Jawa Barat. Perusahaan ini menjual…
View Project
RMB Travelindo

RMB Travelindo

REZEKI MEGA BUANA TRAVELINDO (RMB Travelindo) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang travel agent. Di…
View Project

More from our blog

See all posts
No Comments
 

Leave a Comment