Mengenal Berbagai Jenis Website Berdasarkan Kontennya

1 Comment

Kali ini adamin akan sharing mengenai Jenis Website berdasarkan Kontennya. Sebagaimana yang kita tahu bahwa, Website atau situs merupakan keseluruhan kumpulan halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang menampilkan berbagai informasi baik itu yang berupa teks, gambar, animasi, audio, maupun gabungan dari semuanya yang dibangun atas banyak halaman yang saling terkait dan berhubungan satu sama lain, baik itu yang bersifat statis maupun dinamis.

Istilah lain yang sering berhubungan dengan website adalah homepage. Homepage merupakan halawan awal dari sebuah website. Website itulah yang mengandung keseluruhan isi atau konten dari sebuah domain. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, website juga banyak mengalami perkembangan yang begitu cepat.

Jenis Website Berdasarkan Kontennya

Website memiliki aneka ragam jenisnya. Baik itu jenis-jenis website yang dikelompokkan berdasarkan fungsi, sifat, dan bahasa pemograman yang digunakannya. Kali ini, dalam artikel ini kita akan membahas secara lebih jauh mengenai jenis website berdasarkan kontennya. Mari disimak supaya bisa menambah pengetahuan anda mengenai website.

Website merupakan suatu media yang ada di dalam internet yang berisi berbagai macam informasi yang tak terbatas yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Di dalam internet, semua orang bisa secara bebas memposting apa saja. Bila mempunyai website, pengguna internet bisa dengan bebas mengisi berbagai hal apapun di dalam website yang dimilikinya.

Baca lainnya: Manfaat Pentingnya Website untuk Bisnis Anda

Namun, berdasarkan fungsi atau kegunaannya, sebenarnya website dikategorikan dalam 4 jenis, yaitu:

  • Website perorangan: merupakan website yang digunakan untuk keperluaan pribadi. Salah satu contohnya adalah Blog.
  • Website komersial: merupakan website yang dibuat dan digunakan untuk keperluan komersil atau bisnis. Contohnya adalah online shop, company profile, dan lain sebagainya.
  • Website pemerintahan: merupakan website yang dibuat dan digunakan oleh instansi dan lembaga pemerintahan yang digunakan untuk keperluan publik.
  • Website non-profit: merupakan website yang dibuat dan digunakan untuk keperluan non-profit. Sebagai contoh; website suatu yayasan, lembaga pendidikan seperti universitas, sekolah, organisasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan, dari bahasa pemrograman yang digunakan, website digolongkan dalam 2 jenis, yatu Server Side Website yang mana merupakan website yang menggunakan bahasa pemrograman berdasarkan dari tersedianya server, dan Client Side Website yang merupakan website yang tidak membutuhkan server dalam menjalankan programnya serta dapat diakses hanya dengan melalui browser saja.

Selain penggolongan di atas, website dapat dibagi pula dalam berbagai jenis berdasarkan kontennya atau istilahnya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah berdasarkan Content Management System (CMS) atau sistem pengaturan kontennya.

Ragam Jenis Website Berdasarkan Kontennya

Berikut ini uraian informasi rangkuman secara lengkap mengenai jenis-jenis website berdasarkan kontennya yang perlu kalian ketahui. Jenis-jenisnya sebagai berikut:

• Website statis (Static Website)

Merupakan jenis website yang mana isi atau kontennya tidak dapat diubah secara langsung oleh end-user. Pada umumnya, jenis website dalam kategori website statis ini tidak dapat diubah kecuali dengan mengubah bahasa pemrograman yang ada pada website tersebut.

Jenis website ini biasanya ditulis langsung dalam bentuk bahasa pemograman Hyper Text Markup Language (HTML) dan berbentuk sederhana, serta tidak mempunyai basis data (database). Contohnya seperti; web desain klasik yang mana merupakan desain website dengan lima halaman, website dengan desain brosur penawaran produk atau jasa, dan website company profile yang biasanya menampilkan informasi yang jarang di-update.

• Website Dinamis (Dynamic Website)

Merupakan jenis website yang disusun atas berbagai konten dan layout yang berisi banyak informasi yang tak terbatas jumlahnya. Website jenis ini ditulis dengan menggunakan bahasa pemograman dan database, misalnya; Javascript, JSP, PHP, dan lain sebagainya.

Ditinjau dari segi pengelolaan dan cara pemeliharaannya, website dinamis lebih mudah dikelola daripada jenis website statis. Hal ini dikarenakan website dinamis menggunakan sistem CMS dalam mengelola websitenya.

Program-program CMS yang bisa digunakan dalam website dinamis, yaitu Joomla, Drupal, dan WordPress. Dengan menggunakan website ini, End-user bisa sewaktu-waktu memposting dan mengupdate konten pada halaman website tanpa perlu harus paham bahasa pemrograman. Bila dibandingkan dengan website statis, jenis website dinamis inilah yang saat ini banyak digunakan.

Menurut fungsi dan konten informasi yang disampaikan, jenis website dinamis ini dibagi menjadi beberapa kelompok jenis website, yaitu sebagai berikut:

• Website Company Profile

Seiring perkembangan zaman, saat ini banyak website company profile yang juga dibuat dengan menggunakan website dinamis dengan keperluan untuk dapat mengubah data informasi sewaktu-waktu tanpa perlu menggunakan jasa web programmer untuk mengupdate informasinya.

Apalagi saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang juga mengunakan media sosial supaya perusahaannya lebih mudah dikenal oleh publik sehingga pembuatan website company profile-nya juga sudah dapat terhubung secara langsung ke situs jejaring sosialnya.

• Website Mesin Pencari (Search engine)

Merupakan suatu website yang menyediakan layanan fasilitas dalam mencari data di internet berdasarkan keyword atau kata kunci yang kita masukkan. Contoh: Google, Yahoo, dan lain sebagainya.

• Website Portal

Merupakan jenis website yang isinya menyediakan informasi banyak link ke website lainnya. Website jenis ini memiliki kesamaan fungsi dengan website mesin pencari, namun website portal ruang lingkupnya tidak seluas website mesin pencari.

• Website Blog

Merupakan jenis website yang memiliki fungsi sebagai tempat si pemilik blog menuangkan ide tulisannya mengenai berbagai macam hal dalam berbagai bentuk artikel yang dipublikasikan ke dalam internet.

• Website Networking

Merupakan website yang memiliki fungsi untuk membentuk jaringan komunitas, kenalan atau koneksi di dunia nyata dengan media online tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Situs seperti ini sedang marak digunakan oleh sebagian besar pengguna internet (netizens) saat ini.

• Website Forum

Merupakan website yang berfungsi sebagai wadah untuk mendiskusikan suatu permasalahan, serta dapat digunakan pula untuk memposting suatu metode, solusi atau tata cara terhadap penyelesaian suatu masalah.

Website seperti ini banyak digunakan oleh pengguna internet untuk menyebarkan atau mencari informasi. Contohnya; Kaskus, Lautan Indonesia, Detik Forum, dan lain sebagainya.

• Website Berita

Merupakan jenis website yang dibuat untuk tujuan menyampaikan informasi secara cepat dan akurat. Informasi atau berita yang disampaikan dalam jenis website ini bisa sangat beragam, misalnya; berita politik terkini, gosip selebriti, dunia olahraga, otomotif, dan lain sebagainya.

• Website Galeri

Merupakan jenis website yang memiliki fungsi utama sebagai media penyimpanan file berupa gambar di internet supaya bisa dibagikan kepada pengguna lain. Contohnya; instagram, tumblr, dan lain sebagainya.

• Website E-Commerce (Perdagangan online)

Merupakan website yang menyediakan informasi mengenai barang atau jasa yang dijual secara online. Kelebihan dari memiliki website jenis ini adalah pemilik website mempunyai cakupan pasar secara global dalam menjual produknya. Contohnya; Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya.

• Website E-Learning (Electronic Learning / pembelajaran secara online)

Merupakan website yang didalamnya berisi berbagai konten pembelajaran baik itu untuk menyimpan materi maupun bahan pembelajaran secara online. Pengguna yang mengakses website ini dapat mengakses materi atau informasi didalamnya kapan saja dan dimana saja.

Baca lainnya: Tips Memilih Jasa Pembuatan Website UKM

Itulah berbagai jenis website berdasarkan kontennya. Semoga informasi yang disampaikan ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai berbagai jenis website.

Hi, Thanks sudah berkunjung di Situs kami. Jangan lupa meninggalkan komentar anda dan jika tulisan kami bermanfaat Anda bisa bagikan Artikel ini ke Akun Social Anda.

About us and this blog

Galeri Digital merupakan Perusahaan Digital Marketing Agency No. 2 di Indonesia yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Tantangan bagi bisnis kami adalah Bagaimana menjadikan Bisnis Anda dapat Bertumbuh, Mampu bersaing dan Maju di era Digital seperti saat ini.

Project Kami

demuria agung

Demuria Agung

Demuria.co.id adalah Situs e-Commerce yang menyediakan buah-buahan tropis, aneka produk Timur Tengah untuk oleh-oleh haji &…
View Project
CV INDO TRAVEL GRUP

Indo Travel Grup

CV INDO TRAVEL GRUP Merupakan Agen Perjalanan Wisata Bertempat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Perusahaan ini Menyediakan…
View Project

More from our blog

See all posts
1 Comment
    • jasa hosting murah
    • 25/10/2017
    Reply

    trimakasih informasinya

 

Leave a Comment