Jenis Bisnis Online Yang Dapat Anda Tekuni

No Comments

Sebelum memutuskan terjun di Bisnis Online, kami sangat menyarankan anda untuk mengenali dulu beberapa Jenis Bisnis Online yang Dapat Anda Tekuni nantinya. Karena, kalau anda sudah bisa memahami tipe-tipe ini, kami percaya anda sudah akan bisa memahami dari mana anda akan memulai bisnis online anda nantinya.

Hal ini sangat penting menurut kami, Kenapa?

Jenis Bisnis Online Yang Dapat Anda Tekuni

Karena dalam perjalanan online anda nantinya, bisa jadi anda akan menemukan orang lain yang sukses memperoleh ribuan dollar dari iklan, atau mungkin juga anda akan menemukan seseorang yang sukses menghasilkan puluhan ribu dollar dari toko online, ataupun dari jenis bisnis online yang lainnya.

Baca jugaTips Jualan Online di Facebook Agar Produk Laku Keras

Umumnya, kasus yang paling sering kami temukan termasuk kami pun juga pernah mengalaminya adalah banyak orang saat mulai terjun di dunia bisnis online, mereka sangat mudah terpengaruh dan silau terhadap kesuksesan orang lain.

Saat melihat si A sukses di Bisnis Online yang satu, mereka juga ingin mencobanya, saat melihat si B sukses di Bisnis Online yang lainnya, mereka juga penasaran mencobanya.

Akibatnya, anda tidak focus pada bisnis yang telah anda pilih, akhirnya anda akan sulit meraih sukses di Bisnis Online, dan parahnya lagi karena tidak sukses, akhirnya banyak yang mulai menyalahkan mentornya, menyalahkan orang lain, menyalahkan ilmu yang didapatkan, macam-macam lah alasannya.

Nah, agar anda tidak tersesat dalam hutan belantara internet, maka sangat penting bagi anda untuk mengenali dulu beberapa jenis bisnis online yang mungkin sesuai dengan karakter anda atau mana yang kira-kira cocok untuk anda.

Inilah 5 Jenis Bisnis Online Yang Dapat Anda Tekuni

Jika anda masih pemula, setelah anda membaca dan memahami jenis bisnis internet ini nantinya, kami sangat menyarankan anda untuk memilih salah satunya dulu dan focus pada pilihan anda sebelum anda mencoba tipe bisnis online yang lainnya.

Berikut ini Jenis-jenis Bisnis Online yang patut anda kenali sebelum memutuskan ingin focus menjalankannya:

Product dan Service Owner

Jika anda seorang pemilik produk atau jasa, anda bisa memanfaatkan internet untuk bisa memasarkan dan menjual produk atau jasa anda. Untuk jenis Product dan Service owner, kami membaginya menjadi dua model, yaitu:

1. Produk Fisik

Untuk produk fisik sendiri, anda bisa menjual berbagai macam produk seperti baju kaos muslim, mukena distro, sepatu, dan berbagai macam produk lainnya. Anda bisa memanfaatkan website untuk memajang produk anda sehingga produk anda bisa dilihat oleh orang lain selama 24 jam.

Selain membangun website atau web toko online, anda sangat bisa memanfaatkan website-website yang sudah popular untuk anda gunakan sebagai toko online anda. Misalnya, anda bisa memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia untuk media anda dalam menawarkan produk anda. Anda juga bisa memanfaatkan facebook untuk berjualan.

2. Produk Digital

Berbicara produk digital juga cukup banyak. Jika anda punya keahlian tertentu, misal anda expert dalam hal pengelolaan keuangan, anda bisa membuat produk panduan mengelola keuangan yang anda kemas dalam bentuk ebook atau video. Jika anda punya keahlian membuat software, website, anda juga bisa menawarkan keahlian anda ini di Internet.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing kami ibaratkan sebagai makelar atau broker. Jadi bukan hanya di dunia nyata yang ada makelar, tapi dalam Bisnis Online pun ada yang namanya makelar, yang dalam hal ini biasa diartikan sebagai orang yang mempertemukan antara pembeli dan penjual.

Dengan menjadi Affiliate Marketer, anda tidak perlu memiliki produk sendiri karena di Internet sudah bertebaran produk yang dapat anda pilih, baik produk fisik maupun produk digital. Anda juga tidak perlu lagi direpotkan dengan customer service. Anda hanya tinggal memasarkannya saja.

Contoh website yang menyediakan produk fisik yang mempunyai system affiliasi adalah Amazon.com jika diluar negeri, untuk dalam negeri sendiri ada yukbisnis.com. Untuk produk digital sendiri, anda bisa mendaftar sebagai affiliate di website penjual produk digital atau produk informasi terbesar di Dunia yaitu Clickbank.com, namun untuk di dalam negeri anda bisa bergabung di Ratakan.com.

Anda akan memperoleh komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui referensi anda. Tugas anda hanyalah membawa orang ke dalam website si pemilik produk dengan “kode tertentu” yang diberikan kepada anda. Fungsi kode khusus ini untuk mengetahui bahwa pembeli berasal dari hasil referensi anda. Besarnya persentase komisi yang diperoleh tergantung kebijakan masing-masing pemilik produk.

Bisnis Online Content Publisher

Content Publisher merupakan pembuat konten yang bisa berupa artikel, audio, maupun video. Anda bisa membuat website atau blog yang dapat menampung konten anda tersebut. Atau jika anda membuat konten melalui video, anda bisa mengupload video anda ke Youtube.com.

Seorang content publisher akan memperoleh penghasilan dengan cara menaruh iklan di website atau blog anda dengan sebelumnya anda mengikuti program Adsense. Jika ada pengunjung website anda mengklik iklan yang ada di website anda tersebut, maka anda akan memperoleh uang.

Untuk program Adsense sendiri, anda bisa mendaftar sebagai publisher di Google Adsense (milik google) atau kalau anda mau yang local Indonesia anda bisa mendaftar di Adsensecamp.com. Dari perusahaan periklanan inilah nantinya anda akan diberi kode iklan yang bisa anda tempatkan pada website atau blog anda.

Dengan menjadi seorang content publisher, anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan urusan penjualan, modelnya lebih simple, tidak perlu membuat produk, tidak perlu repot menjadi customer service. Tugas anda cukup rutin membuat konten di website anda, dan membuat ramai pengunjung ke website anda.

Kami sendiri lebih senang dengan jenis bisnis online model ini, kenapa? Karena dengan modal Website atau blog, ada banyak jenis bisnis online yang lain bisa digabungkan di dalamnya. Dengan bermodalkan website atau blog yang rutin diisi konten, selain bisa menjadi seorang content publisher, anda juga bisa merangkap sekaligus sebagai Affiliate Marketing, hanya dengan cara memasang banner affiliasi kita di website, atau membuat review tentang produk digital yang kita pasarkan.

Bisnis Online Site Flipping

Jenis bisnis online ini pada prinsipnya adalah bisnis jual beli website. Jika anda punya keahlian membuat website, dan website anda tersebut anda monetize atau dalam artian lain website anda telah menghasilkan uang serta sudah memiliki trafik yang tinggi, maka anda dapat memutuskan untuk menjualnya.

Besaran harga yang dapat anda tawarkan saat anda menjual website anda adalah bisa mencapai 5-10 kali lipat dari pendapatan bulanan anda dari website anda tersebut. Jadi, jika anda punya website sudah berumur 6 bulan, sudah mempunyai traffic tinggi yang sumbernya dari Search Engine, dan sudah menghasilkan uang rata-rata $200 per bulan, maka saat anda ingin menjual website anda, anda bisa menawarkan harga sebesar $1000-$2000.

Tapi, model ini lebih kami sarankan anda tidak perlu menjual website anda jika sudah menghasilkan seperti itu, terkecuali jika anda mempunyai kebutuhan dana mendesak. Kenapa?

Ya, ibarat dalam dunia nyata, website dapat diibaratkan sebagai sebuah property baik itu berupa Ruko, Rumah, Kost, dan lain sebagainya. Jika properti anda ini menghasilkan uang, kan tentu sangat kaming sekali jika harus dijual, itu adalah aset anda yang akan menghasilkan uang secara terus menerus, anda hanya perlu merawatnya.

Begitu juga halnya dengan website atau blog yang anda miliki, jika sudah menghasilkan rutin untuk anda, kenapa harus anda jual. Anda hanya perlu lagi membuat website atau blog dengan tema berbeda, lalu ulangi langkah anda sebelumnya hingga bisa menghasilkan uang, maka anda sudah punya aset online lagi yang bisa memberi anda penghasilan rutin. Paham maksud kami kan?

Bisnis Online CPA Marketing

Yang terakhir adalah CPA Marketing. CPA merupakan singkatan dari Cost per Aquisition. CPA Marketing merupakan salah satu model bisnis online yang cukup unik. CPA Marketing juga sering disebut sebagai Pay Per Lead (PPL). Di mana anda hanya perlu membawa seseorang menuju website penyedia program ini, dan saat orang tersebut mengisi data mereka yang valid, maka anda akan mendapatkan uang.

Ya, anda hanya perlu mengarahkan orang untuk memasukkan datanya pada form yang telah disediakan, dan uniknya lagi orang yang anda arahkan tidak perlu mengeluarkan uang. Ia hanya perlu mengisi datanya saja.

Besaran pendapatan yang anda bisa dapatkan dari program seperti ini, juga tergantung kepada kebijakan masing-masing penyedia program. Ada yang biasa membayar $1,5 per data, bahkan ada juga yang berani membayar sekitar $50-$500 per data. Wow, keren kan? Ingat, anda hanya perlu mengarahkan orang lain untuk mengisi data. Semakin banyak orang memasukkan data, semakin besar juga penghasilan yang dapat anda peroleh.

Baca jugaCara Meningkatkan Penjualan Online Produk Anda

Nah, pertanyaannya sekarang adalah yang mana jenis bisnis online yang akan anda tekuni? Pilihan ada pada diri anda sendiri. Silahkan pilih sendiri. Yang perlu anda pahami bahwa, semua tipe bisnis online di atas dapat memberikan anda penghasilan. Besar kecilnya tergantung seberapa serius, seberapa focus, dan seberapa komitmen anda menjalankannya.

Salam

Hi, Thanks sudah berkunjung di Situs kami. Jangan lupa meninggalkan komentar anda dan jika tulisan kami bermanfaat Anda bisa bagikan Artikel ini ke Akun Social Anda.

About us and this blog

Galeri Digital merupakan Perusahaan Digital Marketing Agency No. 2 di Indonesia yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Tantangan bagi bisnis kami adalah Bagaimana menjadikan Bisnis Anda dapat Bertumbuh, Mampu bersaing dan Maju di era Digital seperti saat ini.

Project Kami

wmu beauty

Web WMU Beauty

WMU Beauty adalah salah satu Perusahaan Kosmetik yang Berdomisili di Bogor, Jawa Barat. Perusahaan ini menjual…
View Project
RMB Travelindo

RMB Travelindo

REZEKI MEGA BUANA TRAVELINDO (RMB Travelindo) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang travel agent. Di…
View Project

More from our blog

See all posts
No Comments
 

Leave a Comment